Tips Mencari Referensi Online Untuk Skripsi, Tesis, dll

Tips Mencari Referensi Online Untuk Skripsi, Tesis, dll

Jika hendak jalankan penelitian dan menulis karya ilmiah baik itu skripsi, tesis, jurnal, ataupun sejenisnya, penelusuran referensi adalah hal perlu yang perlu ditunaikan karena sebuah karya ilmiah baru perlu mereview karya ilmiah pada mulanya supaya mampu dilihat kontribusi dari penulisan karya ilmiah yang hendak dilakukan. Cara klasik untuk menelusuri referensi adalah mencarinya di perpustakaan yang punya koleksi baik buku, jurnal, poster, dll.

Akan tetapi, sekarang dapat jauh lebih gampang jika memanfaatkan penelusuran referensi online karena tak hanya mampu menjangkau seluruh dunia, langkah ini terhitung mampu mengatasi kasus yakni jika koleksi perpustakaan adalah terbatas. Berikut sebagian website yang mengindeks referensi didalam beragam bentuk terasa dari buku, jurnal, prosiding, dll cara menentukan judul skripsi url nya .

Scopus (www.scopus.com). Scopus merupakan website pengindeks artikel ilmiah paling populer. Scopus sediakan informasi artikel-artikel ilmiah dari beragam penerbit, dapat tapi jika kita dambakan mendownload full paper perlu merujuk ke penerbit langsung.
Google Scholar (www.scholar.google.com) dan Google Books (www.books.google.com. Google Scholar merupakan website yang sediakan sarana bagi para peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiahnya yang terhitung mampu ditelusuri oleh peneliti-peneliti lain supaya penelusuran karya ilmiah mampu lebih mudah.

Selain itu, Google Scholar menganalisis item-item karya ilmiah para usernya dari terasa banyaknya sitasi yang diperoleh sampai impact factor. Sedangkan Google Books merupakan sarana publikasi buku referensi dari para user, ada yang free ada yang berbayar. Jika berbayar tentu saja perlu belanja langsung ke penerbitnya.

Microsoft Academic (academic.research.microsoft.com). Website bersama tagline “Research more, search less” ini serupa bersama Google Scholar hanya saja di sajikan oleh Microsoft.

Academia (www.academia.edu). Sama halnya bersama Microsoft Academic, Academia.edu, bersama deskripsi singkat “”is a place to share plus follow research” terhitung persis bersama Google Scholar dan Microsoft Acadic.

Research Gate (www.researchgate.net). Website ini memadai kondang dikalangan peneliti yang jadi salah satu sarana publikasi karya ilmiah dari para user/peneliti. Website ini serupa sebagai sarana social tempat share informasi artikel ilmiah. Website ini mampu dijadikan salah satu alternatif mencari referensi terupdate.

Indonesian Publication Index (http://portalgaruda.org/). Sebetulnya serupa bersama scopus, hanya saja portal garuda mengindeks artikel-artikel ilmiah dari Indonesia saja, dan banyak yang berbahasa Indonesia, supaya jika dambakan mencari referensi berbahasa Indonesia disinilah tempatnya.

Library Genesis atau BookFi. Website ini mengindeks buku referensi, hanya saja banyak yang menilai ilegal karena sediakan file unduhan yang banyak tanpa izin penerbitnya.
Website penerbit yang dilanggan oleh kampus. Sekarang ini, nyaris seluruh institusi PT melanggan publikasi online, layaknya www.sciencedirect.com, www.ieeexplore.com, dan lain-lain dapat tapi mengaksesnya perlu lewat jaringan website kampus yang melanggan, jika tidak kita hanya mampu membaca abstractnya saja tanpa mampu mendownload full papernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.