Tips Liburan Hemat ke Lombok

Tips Liburan Hemat ke Lombok

Siapa sih yang nggak suka jalan-jalan? Melepaskan diri berasal dari normalitas sehari-hari, mendatangi tempat-tempat bagus sehingga pikiran fresh dan ide-ide cemerlang bermunculan. Mungkin keliru satu tempat favorit membuat liburan adalah Lombok. Tapi masih banyak yang beranggap kalo liburan ke Lombok itu mahal, lebih murah ke Bali. Padahal nggak kok. Meskipun mahal atau murah itu relatif, tergantung pengeluaran dan pemasukan kita masing-masing. Nah, gara-gara aku kemaren habis liburan ke Lombok, menjadi aku rela berbagi tips irit liburan ke Lombok.

Alokasi dana membuat travelling yang harus tersedia dan nggak dapat diganggu gugat itu tersedia 3, yaitu transportasi, akomodasi, dan konsumsi. Selain berasal dari 3 hal itu dapat ditahan-tahan sehingga liburan kita irit, kalau membeli oleh-oleh. Nah, gara-gara wajib, bukan berarti 3 hal tersebut budgetnya nggak dapat dipangkas.

Transportasi
Untuk transportasi kita bagi 2 menjadi transportasi menuju Pulau Lombok dan transportasi di Pulau Lombok itu sendiri wisata lombok murah .

Transportasi Menuju Pulau Lombok

Untuk urusan transportasi, itu tergantung dimana kita berdomisili. Misalnya kalo bagi yang berdomisili di Pulau Jawa tersedia banyak pilihan transportasi murah, terasa berasal dari pesawat hingga kereta api. Pilihlah transportasi yang paling efisien menurutmu. Contohnya kayak aku, gara-gara aku tinggal di Kalimantan, maka transportasi yang paling efisien menurutku adalah pesawat. Kenapa pesawat? Karena lebih irit waktu dan ongkos kalo dibandingin naik kapal laut. Bandingin deh, kalo naik pesawat misalkan harga tiket 800rb dan 1x transit, paling-paling ongkos tambahan yang harus dikeluarkan cuma ongkos makan tepat transit doang yang mana itu masih dapat dipangkas pula kalo kita bawa bekal sendiri. Coba kalo naik kapal, aku harus naik travel dulu, trus harus naik kapal berhari-hari, disempurnakan ongkos makan sebagian hari sepanjang perjalanan.

Jadi, untuk transportasi menuju pulau Lombok itu fleksibel, pilihlah transportasi apa yang menurut kalian paling efisien. Dan kalaupun harus naik pesawat, jangan lupa untuk booking berasal dari jauh-jauh hari dan berangkatlah terhadap musim low season, gara-gara harga tiket terhadap waktu high season akan melonjak drastis, lebih-lebih dapat lebih berasal dari 2x lipat.

Transportasi di Pulau Lombok

Nah, untuk transportasi di Pulau Lombok ini beragam. Kalo misalkan kalian ke Lombok naik pesawat, tersedia sebagian pilihan transportasi berasal dari Bandara ke tempat obyek kalian, terasa berasal dari taksi, bis, hingga sewa mobil ataupun motor. Iya, sewa mobil atau motor di Lombok dapat minta mobil atau motornya dianterin ke Bandara. Ada yang menghendaki ongkos tambahan dan tersedia termasuk yang gratis, tergantung dimana kalian sewanya. Mengingat angkutan umum di Lombok jumlah dan trayeknya agak terbatas, sewa mobil atau motor ini menurutku yang dapat menjadi pilihan utama transportasi kalian sepanjang di Lombok. Kalo perginya ramean mending sewa mobil, sedangkan kalo cuma sebagian orang mending sewa motor aja.

Kalo aku, tiap tiap kali travelling umumnya lebih menentukan membuat sewa motor, gara-gara lebih fleksibel ke sana kemarinya. Jadi tepat ke Lombok kemaren aku sewa motor dapet harga yang murah banget, cuma 420rb sepanjang 7 hari bersama dengan kondisi motor yang sangat baru, umurnya lebih-lebih belum sampe sebulan. Bayangin! Gilaak kan???

Selain sewa mobil atau motor, transpotasi murah lainnya yang dapat kita memanfaatkan untuk hingga ke tempat obyek kita adalah memanfaatkan Bis Damri. Iya, berasal dari Bandara Internasional Lombok ke Kota Mataram aja misalnya, kita cuma harus merogoh kocek sebesar 25rb dan 35rb kalo obyek kita ke Senggigi. Menurut keliru satu orang yang aku temui, selain murah, Bis Damri ini termasuk jam operasionalnya mengikuti jadwal pesawat. Jadi kalau tersedia pesawat delay sampe jam 1 malam, maka bisnya termasuk akan menanti sampe jam 1 malam. Selain itu, di bis ini termasuk tersedia wadah untuk menempatkan koper.

Oh iya, selain itu, di Lombok termasuk sudah tersedia transportasi berbasis aplikasi online. Jadi jangan kuatir, tersedia banyak pilihan transportasi sepanjang kalian di Lombok.

Mungkin transportasi yang agak mahal adalah waktu kalian mendambakan menyeberang ke Gili-Gili yang kondisinya masih sangat indah seperti Gili Nanggu, Gili Sudak, Gili Kedis, dan lainnya. Kalian harus merogoh kocek hingga ratusan ribu rupiah untuk sewa perahu. Berbeda halnya kalo kita ke Gili Trawangan, Gili Meno, ataupun Gili Air yang biayanya jauh lebih murah. Dengan memanfaatkan public boat, kita cuma harus merogoh kocek sebesar 12rb untuk ke Gili Air, 14rb untuk ke Gili Meno, dan 15rb untuk ke Gili Trawangan berasal dari Pelabuhan Bangsal. Namanya public boat, menjadi kita harus nunggu hingga kapalnya penuh baru jalan. Tapi jangan kuatir, nggak harus nunggu lama, paling 15 menit termasuk sudah penuh. Nanti kita akan naik kapal berdasarkan warna tiketnya, seperti warna putih, biru, hijau, kuning ataupun pink. Akan tersedia pemberitahuan berasal dari petugas lewat pengeras nada tiket yang warna apa akan naik kapal yang mana. Selain itu, gara-gara ini public boat, maka jangan heran kalo di kapal banyak warga yang membawa begitu banyak barang. 🙂

Akomodasi
Pada waktu travelling, tempat nginap itu cuma menjadi tempat titip barang, mandi, dan bobok malem doang. Jadi jangan nginep di hotel yang mahal, mubazir! Soalnya kita akan menghabiskan lebih berasal dari 50% waktu di dalam sehari di luar ruangan, berpetualang ke sana kemari. Di Lombok banyak banget kok penginapan murah, entah itu di Mataram, Senggigi ataupun Gili Trawangan. Tapi kalo nyari penginapan di Gili Trawangan jangan nginep di penginapan yang posisinya persis di tepi pantai, soalnya mahal banget. Cari aja yang agak masuk ke dalam. Selain itu, coba aja cari penginapan yang lagi di renovasi, umumnya harganya agak miring.

Kalo aku sendiri, kemaren itu seminggu penuh nginepnya di Mataram. Dapet penginapan yang menurutku lengkap banget bersama dengan rate yang begitu murah. Bayangin aja, bersama dengan harga kira-kira 120-an ribu aku sudah dapat kamar ber-AC, tersedia TVnya, dan termasuk tersedia shower air hangatnya. Selain itu, tempatnya termasuk cukup bersih.

Jadi kalo rela hemat, jangan nginep di hotel berbintang, nginaplah di tempat yang menurutmu cukup nyaman dan bersih untuk bersitirahat. Nggak harus yang mahal, yang penting kita dapat naroh barang bersama dengan aman dan dapat beristirahat bersama dengan nyaman.

Konsumsi
Nah kalo urusan mengonsumsi ini umumnya yang agak ribet, soalnya tiap tiap orang memiliki seleranya masing-masing. Tapi yang namanya lagi travelling, usahakan membuat nahan ego makan yang mahal-mahal. Makanan yang murah belum tentu nggak enak. Contohnya aku yang selamanya nyoba makanan-makanan di tepi jalan, dan Alhamdulillah belum dulu kecewa bersama dengan rasa maupun harganya. Aku dapat makan nasi pake ayam taliwang dangan harga cuma 10rb. Bayangin! Murah gilaak kannn??? Selain itu, aku termasuk dulu sarapan nasi bungkusan gitu pake ayam yang disuwir, tempe yang potong kecil-kecil dan malah telor rebus sebiji cuma 6 rebu doang and air minum gratis. Bayangin!

Leave a Reply

Your email address will not be published.